Selasa, 14 Juni 2011

Memperbaiki Mother Board

Pernah mengalami PC mati? padahal power supply masih nyala. RAM sudah di cek dengan memasang ke PC lain, ternyata RAM kita masih oke. Coba pasang Prosesor ke PC lain, oke juga. Ganti Power Supply gak juga pengaruh tuh, apaan ya? Ganti Batere CMOS juga ga ngaruh nih! Lalu apaan donk?

Oke deh, kalau RAM, Prosesor, Power Supply, Batere CMOS dan lainnya sudah anda pastikan masih oke, coba cara ini.

1. Buka Mother board anda dari casing

2. Perhatikan baik-baik komponen CAPASITOR ( kalau lewat gambar diatas, sek CAPASITOR yang berada tepat dibawah Prosesor ), biasanya nilainya 1500 micro farad 6,3 volt dan jumlahnya kurang lebih ada 6 – 7 buah.

3. Dari beberapa kasus, kalau PC kita poer supply nyala, tapi tidak ada tampilan di Monitor, kemungkinan besar komponen tersebut ( Capasitor) mengalami kerusakan, kalau gak terbakar atau yang paling sering terjadi adalah Capasitor mengalami Penggelembungan secara fisik. Coba anda cek sekali lagi komponen yang saya maksud, bisa diraba atau dilihat secara kasap mata juga bisa.

4. Kalau iya, ganti saja Capasitor tersebut, harga per biji sekitar Rp2000, ganti semua yang bernilai 1500 micro farad (paling banyak antara 6-7 buah saja). Biasa ya..alat yang dibutuhin Solder,Timah,Sucker…( boleh pinjem ma temen). Sekali lagi Capasitor yang disekitar Prosesor ya!

5. Oke, saya pastikan kalau memang komponen tsb yang melembung, MOBO anda akan oke kembali, insya Alloh.

Selamat memperbaiki MOBO kesayangan anda, daripada ke bengkel bisa kena puluhan ribu bahkan ratusan ribu malah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANNYEONG GOMAWO FOR VISITING MY BLOG