Minggu, 16 Februari 2014

Tugas PKN - Buat Bank Soal

SOAL DAN JAWABAN BAB I
1.        Sebutkan 4(empat) pilar suatu pendidikan !
Jawaban :
a.   Learning to know
b.   Learning to do
c.   Learning to be
d.   Learning to live together

2.        Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi. Sebutkan 2(dua) Tujuan pendidikan tinggi !
Jawaban :
1.  Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan  akademik dan atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
2.  Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya budaya nasional.

3.        Apa saja Peranan perguruan tinggi makin di tingkatkan ?
Jawaban :
1.  Menjamin pengunaan kebebasan mimbar akademik dalam bentuk yang kreatif, konstruktif, dan bertanggung jawab, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan.
2.  Melanjutkan usaha-usaha ke arah integrasi dan konsolidasi kegiatan mahasiswa dan cendikiawan sesuai dengan ilmu dan profesinya dalam wadah-wadah yang efektif sehingga mereka dapat mengembangkan prestasai-prestasi serta partisipasi yang positif.

4.         Jelaskan yang maksud dengan Hak Azasi Manusia dan berikan contoh hak yang anda ketahui !
Jawaban :
Menurut UU No. 39 Tahun 1999, Hak Azasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan YME dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.
Contohnya : Hak untuk hidup, Hak berkeluarga, Hak mengembangkan diri, Hak keadilan, Hak kemerdekaan, Hak berkomunikasi, Hak keamanan dan Hak kesejahteraan.

5.        Sebutkan hak-hak yang terkenal dengan istilah The Four Freedoms (empat kebebasan) !
Jawaban :
a.       Kebebasan untuk berbicara dan menyatakan pendapat (freedom of speech)
b.      Kebebasan beragama (freedom of religion)
c.       Kebebasan dari ketakutan (freedom from fear)
d.      Kebebasan dari kemelaratan (freedom from want)

6.        Negara sebagai organisasi dalam masyarakat memiliki sifat-sifat tertentu yang tidak dimiliki oleh organisasi lainnya. Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat tersebut !
Jawaban :
F  Memaksa, dalam arti bahwa Negara dapat memaksakan segala aturan yang ditetapkan untuk ditaati oleh semua orang yang ada di Negara itu.
F  Monopoli, dalam arti bahwa Negara sebagai penyelenggara kepentingan umum memiliki hak monopoli dalam pengelolaan urusan-urusan tertentu.
F  Mencakup semua, dalam arti bahwa kekuasaan Negara berlaku bagi setiap orang yang ada di wilayah Negara itu tanpa kecuali.

7.        Sebutkan unsur-unsur esensial Negara !
Jawaban :
v  Rakyat
v  Wilayah
v  Pemerintah yang berdaulat
v  Pengakuan dari Negara lain

8.        Apa yang dimaksud dengan demokrasi ?
Jawaban :
Demokrasi adalah pemerintahan rakyat, atau suatu pemerintahan dimana rakyat memegang kedaulatan yang tertinggi atau rakyat diikutsertakan dalam pemerintahan Negara.

SOAL DAN JAWABAN BAB II

9.        Jelaskan yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara !
Jawaban :
Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap Bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan dengan tetap menghargai dan menghormati kebhinekaan didalam setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional Indonesia.

10.    Sebutkan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Wawasan Nusantara !
Jawaban :
1. Wilayah.
2. Geopolitik dan Geostrategi.
3. Perkembangan wilayah Indonesia dan dasar hukumnya.

11.    Apa yang anda ketahui tentang geopolitik ?
Jawaban :
Geopolitik adalah landasan ilmiah bagi tindakan politik dalam perjuangan demi kelangsungan hidup suatu organisasi Negara untuk memperoleh ruang hidupnya.

12.    Apa yang anda ketahui tentang geostrategic ?
Jawaban :
Geostrategi adalah kebijaksanaan dalam menentukan tujuan-tujuan dan sarana-sarana, serta cara penggunaan sarana-sarana terebut guna mencapai tujuan nasional dengan memanfaatkan konstelasi geografis Negara.

13.    Sebutkan apa saja Landasan Wawasan Nusantara !
Jawaban :
1.      Landasan idiil wawasan nusantara adalah Pancasila
2.      Landasan konstitusional adalah Undang-Undang Dasar 1945

14.    Sebutkan dan jelaskan unsur dasar Wawasan Nusantara !
Jawaban :
1.      Wadah (Contour)  :  Wadah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara meliputi seluruh wilayah Indonesia yang memiliki sifat serba nusantara dengan kekayaan alam dan penduduk serta aneka ragam budaya.
2.      Isi (Content) : Adalah aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945.
3.      Tata laku (Conduct) : Hasil interaksi antara wadah dan isi wasantara yang terdiri dari Tata laku Bathiniah dan Tata laku Lahiriah.
15.    Sebutkan fungsi wawasan nusantara !
Jawaban :
  1. Wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional, yaitu wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional, pertahanan keamanan, dan kewilayahan.
  2. Wawasan nusantara sebagai wawasan pembangunan mempunyai cakupan kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial dan ekonomi, kesatuan sosial dan politik, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.
  3. Wawasan nusantara sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara merupakan pandangan geopolitik Indonesia dalam lingkup tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.
4.      Wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan, sehingga berfungsi dalam pembatasan negara, agar tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga.

16.    Sebutkan Tujuan wawasan nusantara !
Jawaban :
  1. Tujuan nasional, dapat dilihat dalam Pembukaan UUD 1945, dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah “untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial”.
  2. Tujuan ke dalam adalah mewujudkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kesejahteraan, kedamaian dan budi luhur serta martabat manusia di seluruh dunia.
17.    Sebutkan dan jelaskan arah pandang wawasan nusantara !
Jawaban :
Ø  Arah pandang ke Dalam: Bangsa Indonesia harus peka dan berusaha untuk mencegah dan mengatasi sedini mungkin factor-faktor penyebab timbulnya disintegrasi bangsa dan harus mengupayakan tetap terbina dan terpeliharanya persatau dan kesatuan dalam kebhinekaan.
Ø  Arah pandang ke Luar : Bangsa Indonesia dalam semua aspek kehidupan internasional harus berusaha untuk mengamankan kepentingan nasional dalam semua aspek kehidupan baik politik, ekonomi, social budaya maupun pertahanan dan keamanan demi tercapainya tujuan nasional sesuai yang tertera pada pembukaan UUD 1945.

SOAL DAN JAWABAN BAB III

18.    Jelaskan yang dimaksud dengan ketahanan nasional !
Jawaban :
Ketahanan nasional adalah kondisi dinamis suatu bangsa, meliputi seluruh aspek kehidupannasional yang terintegrasi, berisi keuletan, dan ketangguhan serta mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala tantangan, ancaman, hambatan, serta gangguan dari luar maupun dari dalam, langsung maupun tidak langsung membahayakan integrasi, identitas, kelangsungan hidupbangsa dan negara , serta perjuangan mengejar tujuan nasionalnya.
19.    Sebutkan landasan Ketahanan Nasional !
Jawaban :
ü  Landasan Idiil ketahanan nasional adalah Pancasila
ü  Landasan Konstitusional ketahanan nasional adalah UUD 1945
ü  Landasan Visional adalah Wawasaan Nusantara

20.    Sebutkan pokok-pokok pikiran tentang ketahanan nasional !
Jawaban :
Æ  Pendekatan Asta Gatra
Æ  Pendekatan kesejahteraan dan pendekatan keamanan
Æ  Model berfikir komprehensip integral

21.    Sebutkan sifat-sifat ketahanan nasional Indonesia!
Jawaban :
à   Mandiri
à   Dinamis
à   Wibawa
à   Konsultasi dan kerjasama
22.    Sebutkan aspek alamiah dalam ketahanan nasional !
Jawaban :
·           Letak geografis Negara
·           Kekayaan alam
·           Keadaan dan kemampuan penduduk

23.    Sebutkan Aspek social dalam ketahanan nasional !
Jawaban :
§         Aspek ideology
§         Aspek polotik
§         Aspek ekonomi
§         Aspek social

24.    Jelaskan yang dimaksud dengan kedudukan ketahanan nasional !
Jawaban :
ketahanan nasional merupakan suatu ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh bangsa Indonesia serta merupakan cara terbaik yang perlu di implementasikan secara berlanjut dalam rangka membina kondisi kehidupan nasional yang ingin diwujudkan, wawasan nusantara dan ketahanan nasional berkedudukan sebagai landasan konseptual, yang didasari oleh Pancasil sebagai landasan ideal dan UUD sebagai landasan konstisional dalam paradigma pembangunan nasional.
25.    Jelaskan yang dimaksud dengan fungsi ketahanan nasional !
Jawaban :
Ketahanan nasional nasional dalam fungsinya sebagai doktrin dasar nasional perlu dipahami untuk menjamin tetap terjadinya pola pikir, pola sikap, pola tindak dan pola kerja dalam menyatukan langkah bangsa yang bersifat inter – regional (wilayah), inter – sektoral maupun multi disiplin. Konsep doktriner ini perlu supaya tidak ada cara berfikir yang terkotak-kotak (sektoral). Satu alasan adalah bahwa bila penyimpangan terjadi, maka akan timbul pemborosan waktu, tenaga dan sarana, yang bahkan berpotensi dalam cita-cita nasional. Ketahanan nasional juga berfungsi sebagai pola dasar pembangunan nasional. Pada hakikatnya merupakan arah dan pedoman dalam pelaksanaan pembangunman nasional disegala bidang dan sektor pembangunan secara terpadu, yang dilaksanakan sesuai dengan rancangan program.
SOAL DAN JAWABAN BAB IV
26.    Apakah yang dimaksud dengan politik ?
Jawaban :
politik adalah bermacam-macam kegiatan yang menyangkut proses penentuan tujuan-tujuan dari sistem negara dan upaya-upaya dalam mewujudkan tujuan itu , pengambilan keputusan (decisionmaking) mengenai seleksi antara beberapa alternatif dan penyusunan skala prioritas dari tujuan-tujuan yang telah ditentukan .

27.    Jelaskan yang dimaksud dengan Negara, kekuasaan dan pengambilan keputusan !
Jawaban :
a. Negara
Negara merupakan suatu organisasi dalam suatu wilayah yang memiliki kekuasaan tertinggi yang ditaati oleh rakyatnya.
b. Kekuasaan
Kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginannya.
c. Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan adalah aspek utama politik. Jadi, politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum . Keputusan yang diambil menyangkut sector public dari suatu Negara .
28.    Jelaskan yang dimaksud dengan politik nasional !
Jawaban :
Politik nasional adalah azas, haluan, usaha, kebijaksanaan dari Negara dalam mencapai tujuan nasionalnya dengan dengan membina dan menggunakan potensi nasional, sumber daya nasional,

29.    Jelaskan yang dimaksud dengan hakikat politik nasional !
Jawaban :
Hakikat politik nasional adalah kebijaksanaan nasional yang menjadi landasan serta arah bagi penyusunan konsep strategi nasional. Kebijaksanaan nasional merupakan manifestasi dan upaya pencapaian tujuan nasional melalui rumusan pokok kegiatan mencapai tujuan.

30.    Jelaskan yang dimaksud dengan strategi nasional !
Jawaban :
Strategi nasional adalah pelaksanaan dari politik nasional, bentuk pelaksanaan ini tersusun dalam program nasional yang bersifat lebih konkrit baik dari segi tempat, waktu, bidang, biaya maupun pelaksanaannya.
31.    Apakah yang dimaksud dengan pembangunan nasional ?
Jawaban :
Pembangunan nasioanal merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan dengan memanfaatkan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta memperhatikan tantangan perkembangan global.

32.    Jelaskan yang dimaksud dengan system manajemen nasional !
Jawaban :
Sistem manajemen nasional merupakan perpaduan antara tata nilai, struktur, dan proses untuk mencapai kehematan, daya guna, dan hasil guna sebesar mungkin dalam menggunakan sumber dana dan daya nasional demi mencapai tujuan nasional.

33.    Sebutkan 4(empat) unsur-unsur pokok system manajemen nasional !
Jawaban :
v  Negara sebagai organisasi kekuasaan
v  Bangsa Indonesia sebagai unsur pemilik negara
v  Pemerintah sebagai unsur manajemen atau pengelola negara
v  Masyarakat sebagai unsur penunjang dan pemakai

34.    Apakah yang dimaksud dengan otonomi daerah ?
Jawaban :
Otonomi daerah adalah kewenangan otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

35.    Jelaskan yang dimaksud dengan system perencanaan pembangunan nasional!
Jawaban  :
Sistem perencanaan pembangunan nasional adalah satu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana-rencana pembangunan dalam jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara negara dan masyarakat di tingkat pusat dan daerah.

36.    Sebutkan 3(tiga) perencanaan pembangunan !
Jawaban :
~ Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional
~ Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM)
~ Rencana Pembangunan Tahunan (RPT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANNYEONG GOMAWO FOR VISITING MY BLOG